SISTEM
PENGENDALIAN MANAJEMEN
Encyclopedia
Britannica, INC
KELOMPOK 3 :
ARSHAD LIANTONO 1125111078
RIAN JUNIAR 1125111106
LUKE VARIAN 1125111110
ARIF JENI P 1125111124
AFIFAH MIRZA Z 1125111125
NYDIA AGRIPPINA 1125111128
NOVI BUDIARTI 1125111134
IBNU RIANDA 1125111136
ACHMAD FAUZAN 1125111141
KIKI JHOHAN 1125111142
FAKULTAS BISNIS DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA
A.
LATAR BELAKANG
Encyclopedia Britannica adalah ensiklopedia umum berbahasa Inggris yang
diterbitkan oleh Encyclopedia Britannica, Inc. dan
merupakan ensiklopedia tertua di dunia yang masih terbit. Dianggap oleh banyak
pihak sebagai otoritas tertinggi dalam bidang ini, artikel-artikelnya biasanya
dianggap akurat, tepercaya, dan ditulis dengan baik. Artikel dan gambarnya
berjumlah sekitar 100.000 dengan sekitar 4000 orang sebagai kontributor.
Ensiklopedia ini pertana kali disusun dalam bentuk
buku dan mulai diterbitkan pertama kali pada tahun 1768 di Edinburgh,Skotlandiadan
dengan cepat meningkat kepopularitasnya dan ukurannya. Pada edisi ketiga yang
diterbitkan pada tahun 1801, ensiklopedia ini tersusun hingga 21 jilid. Pada
tahun 1901, penerbitan Encyclop忙dia
Britannica berpindah ke Amerika Serikat. Di
masa kini, ensiklopedia ini juga sudah membuka situs web ensiklopedia online yang
diperbarui setiap harinya dan bisa didapatkan dalam bentuk DVD-ROM maupun CD-ROM.
Sejak 2012 mereka memutuskan untuk menghentikan
edisi cetak dan hanya akan berfokus pada edisi digital.
B.
PEMBAHASAN
EBI memperkenalkan
serta menegaskan kembali reputasinya atau visinya sebagai pusat ilmu
pengetahuan pertama. Dengan semboyan: “our brand represent material is
authoritative and trustworthy.” Perusahaan tersebut berusaha untuk
mempertahankan brand mereka dengan merilis ulang bahan material terbaik yang
sudah diketahui memimpin dan dapat dipercaya. Ini berarti (brand image) EBI selalu
menghadirkan materi atau isi yang terdepan dan terpercaya.
EBI menanamkan
brand image yang kuat pada masyarakat akan keunggulan adanya encyclopedia ini
di rumah yang akan memberikan pengetahuan yang berguna untuk masa disekolah
maupun masa mendatang. EBI mendatangkan ilmuan-ilmuan terkemuka serta kaum
terpelajar yang akan memberikan nilai
kepercayaan masyarakat dan meningkatkan nilai jual pasar.
Pemberian
cap/stampel pada buku yang dijual, itu tanda bahwa buku itu adalah original,
atau asli keluaran EBI. Pemberian stampel ini meningkatkan nilai jual dan
merupakan kebanggaan bagi seseorang memiliki buku tersebut. Selanjutnya,
Encyclopedia keluaran EBI pun menjadi standar bagi encyclopedia lain sehingga
memantapkan posisi EBI sebagai encyclopedia terbaik.
a.
Model
bisnis perusahaan EBI
Karena EBI mengubah
model bisnisnya dari penjual buku menjadi penyedia informasi yang terpercaya.
EBI mampu beradaptasi dalam revolusi digital dengan mengembangkan informasi
dalam bentuk audio visual (dalam bentuk CD) yang lebih menarik. EBI tetap
mempertahankan kualitas informasi yang dijualnya, dengan merekrut para ilmuwan
terkenal dan cendekiawan, termasuk Thomas Malthus, Sigmund Freud, dan Marie
Curie, untuk berkontribusi dan menyewa seorang staf editorial untuk meng-update
informasi setiap tahun. Selain itu, EBI mampu memahami segmen pelanggan yang
dituju, yaitu dengan melirik para akademisi, pelajar, pendidik, dan
perpustakaan.
b.
Model
bisnis EBI di awal tahun 1990-an
Karena model bisnis yang diterapkan oleh perusahaan
ini adalah bagaimana caranya agar konsumen itu tidak sulit untuk mengakses
suatu informasi, oleh karena itu di keluarkanlah ensiklopedia yang berbentuk
CD-ROOM. Dengan munculnya hal itu dianggaplah sebagai suatu hal yang baru yang
dapat membuat konsumen tertarik akan adanya suatu informasi yang berbentuk
digital modern serta ramah lingkungan dan keingintahuan konsumen lebih besar
dalam mencari suatu informasi. Oleh karena itu modern bisnis ini dengan cepat
dan pesat membaur dalam masyarakat.
c.
Respon
EBI terhadap Microsoft
Merespon tentang berpindahnya Microsoft, EBI
menyatakan akan melaunching sebuah jasa internet baru pada www.britannica.com.
Eksekutif-eksekutif EBI mempertimbangkan 5 model harga pada internet sebagai
berikut:
1.
Harga langganan
: mengganti biaya tahunan untuk akses yang tidak dibatasi
2.
Harga
meteran : penggantian didasarkan
pada waktu yang dihabiskan untuk menggunakan ensiklopedia.
3.
Biaya jasa : penggantian untuk beberapa
riset atau laporan khusus yang diperlukan.
4.
Harga line
produk : produk pokok gratis tetapi mengganti biaya langganan untuk produk
tambahan.
5.
Harga
ikatan : menawarkan harga yang
lebih murah ketika bermacam item dikumpulkan bersama.
Setelah mengevaluasi berbagai pilihan itu, EBI
menyediakan akses gratis menyeluruh terhadap teks dan grafik. Situs ini juga
menawarkan mesin pencari yang selektif dan terhubung pada website-website
berkualitas tinggi.
d.
Sistem
Pengendalian (control system) pada EBI
Sistem Pengendalian yang dapat dilakukan meliputi:
1.
EBI
mengubah model bisnisnya dari penjual buku menjadi penyedia informasi dan
mencoba mengejar ketinggalannya dalam revolusi digital.
2.
EBI tetap mempertahankan kualitas informasi yang
dijualnya, dengan memberikan informasi yang bisa menjadi acuan dan paling
terpercaya dibandingkan acuan lain. Misalnya dengan tetap memperhatikan detail
kandungan isi informasi dan menyewa orang-orang yang ahli di bidang tertentu
untuk turut memberikan materi.
3.
EBI memahami daya beli pembeli dan memilih segmen
pelanggan yang dituju (akademisi, pelajar, pendidik, perpustakaan).
4.
EBI mengemas informasi yang disediakan dalam bentuk
audio visual yang lebih menarik.
C.
KESIMPULAN
Encyclopedia Britannica Inc. (EBI) merupakan
perusahaan tunggal yang bergerak di bidang penjualan informasi. Perusahaan ini
berkomitmen untuk menyediakan informasi yang dapat dipercaya. Masalah muncul
ketika hadir pesaing yang menyediakan produk substitusi dengan harga yang jauh
lebih rendah. Hal ini mengganggu penjualan EBI dan perlu untuk membuat strategi
baru. Strategi tersebut dapat dirumuskan setelah EBI menganalisis peluang,
ancaman , keunggulan, dan kelemahan perusahaan dan menyusun strategi perusahaan
dengan membandingkan peluang dengan kompetensi inti perusahaan. Strategi
tersebut meliputi mengubah model
bisnisnya dari penjual buku menjadi penyedia informasi, mempertahankan kualitas
informasi, memilih segmen pasar yang tepat serta mencoba mengejar
ketinggalannya dalam revolusi digital.
D.
REFERENSI
Fransisca, Roosiana, dkk. 2008. Sistem Pengendalian Manajemen.
http://images.maksib07.multiply.multiplycontent.com/.../case%202-1,2,3.d...
No comments:
Post a Comment