Monday, 23 March 2015

SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN

SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN
Encyclopedia Britannica, INC



          





KELOMPOK 3 :


ARSHAD LIANTONO                                 1125111078
RIAN JUNIAR                                              1125111106
LUKE VARIAN                                            1125111110
ARIF JENI P                                                  1125111124
AFIFAH MIRZA Z                                        1125111125
NYDIA AGRIPPINA                                    1125111128
NOVI BUDIARTI                                         1125111134
IBNU RIANDA                                             1125111136
ACHMAD FAUZAN                                     1125111141
KIKI JHOHAN                                              1125111142


FAKULTAS BISNIS DAN TEKNOLOGI INFORMASI

UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA


A.    LATAR BELAKANG
Encyclopedia Britannica adalah ensiklopedia umum berbahasa Inggris yang diterbitkan oleh Encyclopedia Britannica, Inc. dan merupakan ensiklopedia tertua di dunia yang masih terbit. Dianggap oleh banyak pihak sebagai otoritas tertinggi dalam bidang ini, artikel-artikelnya biasanya dianggap akurat, tepercaya, dan ditulis dengan baik. Artikel dan gambarnya berjumlah sekitar 100.000 dengan sekitar 4000 orang sebagai kontributor.
Ensiklopedia ini pertana kali disusun dalam bentuk buku dan mulai diterbitkan pertama kali pada tahun 1768 di Edinburgh,Skotlandiadan dengan cepat meningkat kepopularitasnya dan ukurannya. Pada edisi ketiga yang diterbitkan pada tahun 1801, ensiklopedia ini tersusun hingga 21 jilid. Pada tahun 1901, penerbitan Encyclopdia Britannica berpindah ke Amerika Serikat. Di masa kini, ensiklopedia ini juga sudah membuka situs web ensiklopedia online yang diperbarui setiap harinya dan bisa didapatkan dalam bentuk DVD-ROM maupun CD-ROM.
Sejak 2012 mereka memutuskan untuk menghentikan edisi cetak dan hanya akan berfokus pada edisi digital.

B.     PEMBAHASAN
EBI memperkenalkan serta menegaskan kembali reputasinya atau visinya sebagai pusat ilmu pengetahuan pertama. Dengan semboyan: “our brand represent material is authoritative and trustworthy.” Perusahaan tersebut berusaha untuk mempertahankan brand mereka dengan merilis ulang bahan material terbaik yang sudah diketahui memimpin dan dapat dipercaya. Ini berarti (brand image) EBI selalu menghadirkan materi atau isi yang terdepan dan terpercaya.
EBI menanamkan brand image yang kuat pada masyarakat akan keunggulan adanya encyclopedia ini di rumah yang akan memberikan pengetahuan yang berguna untuk masa disekolah maupun masa mendatang. EBI mendatangkan ilmuan-ilmuan terkemuka serta kaum terpelajar  yang akan memberikan nilai kepercayaan masyarakat dan meningkatkan nilai jual pasar.
Pemberian cap/stampel pada buku yang dijual, itu tanda bahwa buku itu adalah original, atau asli keluaran EBI. Pemberian stampel ini meningkatkan nilai jual dan merupakan kebanggaan bagi seseorang memiliki buku tersebut. Selanjutnya, Encyclopedia keluaran EBI pun menjadi standar bagi encyclopedia lain sehingga memantapkan posisi EBI sebagai encyclopedia terbaik.



a.      Model bisnis perusahaan EBI
Karena EBI mengubah model bisnisnya dari penjual buku menjadi penyedia informasi yang terpercaya. EBI mampu beradaptasi dalam revolusi digital dengan mengembangkan informasi dalam bentuk audio visual (dalam bentuk CD) yang lebih menarik. EBI tetap mempertahankan kualitas informasi yang dijualnya, dengan merekrut para ilmuwan terkenal dan cendekiawan, termasuk Thomas Malthus, Sigmund Freud, dan Marie Curie, untuk berkontribusi dan menyewa seorang staf editorial untuk meng-update informasi setiap tahun. Selain itu, EBI mampu memahami segmen pelanggan yang dituju, yaitu dengan melirik para akademisi, pelajar, pendidik, dan perpustakaan.
b.      Model bisnis EBI di awal tahun 1990-an
Karena model bisnis yang diterapkan oleh perusahaan ini adalah bagaimana caranya agar konsumen itu tidak sulit untuk mengakses suatu informasi, oleh karena itu di keluarkanlah ensiklopedia yang berbentuk CD-ROOM. Dengan munculnya hal itu dianggaplah sebagai suatu hal yang baru yang dapat membuat konsumen tertarik akan adanya suatu informasi yang berbentuk digital modern serta ramah lingkungan dan keingintahuan konsumen lebih besar dalam mencari suatu informasi. Oleh karena itu modern bisnis ini dengan cepat dan pesat membaur dalam masyarakat.
c.       Respon EBI terhadap Microsoft
Merespon tentang berpindahnya Microsoft, EBI menyatakan akan melaunching sebuah jasa internet baru pada www.britannica.com. Eksekutif-eksekutif EBI mempertimbangkan 5 model harga pada internet sebagai berikut:
1.      Harga langganan   : mengganti biaya tahunan untuk akses yang tidak dibatasi
2.       Harga meteran       : penggantian didasarkan pada waktu yang dihabiskan    untuk menggunakan ensiklopedia.
3.      Biaya jasa              : penggantian untuk beberapa riset atau laporan khusus                      yang diperlukan.
4.       Harga line produk : produk pokok gratis tetapi mengganti biaya langganan untuk produk tambahan.
5.       Harga ikatan          : menawarkan harga yang lebih murah ketika bermacam item dikumpulkan bersama.
Setelah mengevaluasi berbagai pilihan itu, EBI menyediakan akses gratis menyeluruh terhadap teks dan grafik. Situs ini juga menawarkan mesin pencari yang selektif dan terhubung pada website-website berkualitas tinggi.



d.      Sistem Pengendalian (control system) pada EBI
Sistem Pengendalian yang dapat dilakukan meliputi:
1.       EBI mengubah model bisnisnya dari penjual buku menjadi penyedia informasi dan mencoba mengejar ketinggalannya dalam revolusi digital.
2.      EBI tetap mempertahankan kualitas informasi yang dijualnya, dengan memberikan informasi yang bisa menjadi acuan dan paling terpercaya dibandingkan acuan lain. Misalnya dengan tetap memperhatikan detail kandungan isi informasi dan menyewa orang-orang yang ahli di bidang tertentu untuk turut memberikan materi.
3.      EBI memahami daya beli pembeli dan memilih segmen pelanggan yang dituju (akademisi, pelajar, pendidik, perpustakaan).
4.      EBI mengemas informasi yang disediakan dalam bentuk audio visual yang lebih menarik.

C.    KESIMPULAN
Encyclopedia Britannica Inc. (EBI) merupakan perusahaan tunggal yang bergerak di bidang penjualan informasi. Perusahaan ini berkomitmen untuk menyediakan informasi yang dapat dipercaya. Masalah muncul ketika hadir pesaing yang menyediakan produk substitusi dengan harga yang jauh lebih rendah. Hal ini mengganggu penjualan EBI dan perlu untuk membuat strategi baru. Strategi tersebut dapat dirumuskan setelah EBI menganalisis peluang, ancaman , keunggulan, dan kelemahan perusahaan dan menyusun strategi perusahaan dengan membandingkan peluang dengan kompetensi inti perusahaan. Strategi tersebut meliputi  mengubah model bisnisnya dari penjual buku menjadi penyedia informasi, mempertahankan kualitas informasi, memilih segmen pasar yang tepat serta mencoba mengejar ketinggalannya dalam revolusi digital.

D.    REFERENSI
Fransisca, Roosiana, dkk. 2008. Sistem Pengendalian Manajemen. http://images.maksib07.multiply.multiplycontent.com/.../case%202-1,2,3.d...