Tuesday, 24 March 2015

Asal-Usul Bunga Bank

Siapa yang tidak mengenal bunga. Disetiap aspek kehidupan tidak terlepas dari adanya simpan pinjam yang dilakukan pihak perbankan. Disini kita akan mengulas mengenai bunga bank dan bagaimana bunga ini diciptakan. Peranan bunga juga akan membawa dampak negatif bagi kehidupan, dan dampak apakah itu? Pada artikel ini akan mengulasnya secara singkat mengenai kinerja bunga dan monopoli yang sedikit sekali diketahui oleh masyarakat.

Description: http://www.seputarforex.com/sfmateri/sf117083_1.jpg

Sekarang ini setiap orang yang membutuhkan modal memerlukan yang namanya uang. Hampir setiap warga masyarakat yang membutuhkan biaya untuk membangun rumah, membuat bisnis, serta menciptakan usaha pasti butuh uang. Sayangnya, dewasa ini kebutuhan uang disuplai dari bank yang selalu menerapkan sistem berbunga.

Asal-Usul BungaSebelum orang mengenal uang, mereka selalu menggunakan sistem barter. Sistem ini memang cukup efektif dan berperan penting di dalam kehidupan masyarakat. Barang yang ditukar dapat diganti dengan barang yang diinginkan. Setelah sekian lama, muncul masalah baru dari sistem barter yaitu orang yang ingin membeli barang tertentu tidak bisa ditukar dengan barang miliknya. Menukar 15 ekor ayam memang bisa ditukar dengan 1 gerobak. bagaimana jika kita ingin menukar 4 ekor ayam? Apakah akan ditukar dengan seperempat gerobak? hal itu tidak mungkin.

Masalah tersebut mulai difikirkan oleh salah seseorang yang kelak akan mengubah sistem barter menjadi sistem kurs uang yang terjadi seperti sekarang ini. Sebut saja Tuan X. Tuan X adalah seorang pengrajin emas yang mana mereka senantiasa melakukan penambangan emas sebagai penghasilan utama.

Melihat kejadian yang dilakukan penduduk dari sistem barter, akhirnya Tuan X memiliki rencana untuk membuat kebijakan baru. Seluruh lapisan masyarakat diberi undangan untuk hadir dilapangan besar. Para menteri, pejabat pemerintahan, hingga rakyat jelata datang menghadiri udangan Tuan X yang akan memberikan arahan mengenai sistem kurs uang ini.

“Sistem barter telah memberikan kelemahan dalam model transaksi saat ini. Anda semua yang hadir mengetahui betapa sulitnya menukarkan benda kecil dengan benda yang terlalu besar sehingga harus menunggu waktu mengumpulkan benda-benda tersebut supaya nilainya sama. Saya punya sistem baru yang akan merubah tukar-menukar benda menjadi lebih efektif yang disebut alat tukar Emas”. Tuan X melanjutkan, “Semua orang tahu, Emas sulit di dapat, dan keberadaan pada alam tidak berlimpah yang menjadikan nilai emas selalu naik”.

Pada akhirnya orang-orang setuju alat tukar diganti menggunakan emas. Semua orang bangga dan senang sekali dengan adanya alat tukar emas ini, orang-orang dapat membeli dan menjual apapun tanpa terpatok dari ukuran dan barang yang ingin ditukarkan. Tuan X berkata “Uang Emas ini akan dibuat unik dan berbeda yang tidak bisa dijiplak atau ditiru oleh orang lain, sehingga hanya uang emas inilah yang benar-benar dapat dimanfaatkan untuk ditukarkan dengan barang. Setiap uang yang saya pinjamkan harus dikembalikan pada tahun depan beserta tambahan 5% sebagai hasil jerih payah saya dalam pembuatan uang tersebut”.

Seluruh rakyat setuju dan mengiyakan Tuan X. Segeralah saat itu setiap orang mendapatkan pinjaman uang dari Tuan X dan digunakan dalam jual beli barang dagangan. Awalnya mereka suka sekali bisa membeli apapun dan bisa mendapatkan barang yang diinginkannya. Namun setelah satu tahun berlalu kini harus mengembalikan pinjaman beserta tambahan 5%nya.

Mereka yang memiliki lebih dapat mengembalikan secara penuh beserta tambahannya. Sedangkan mereka yang tidak memiliki banyak uang emas akhirnya tidak kuat bayar. Masyarakat yang tidak banyak uang mulai merasakan pahitnya berhutang. Jaminan mulai disita oleh Tuan X, rumah dan aset-aset lainnya mulailah diambil alih.

KesimpulanSistem barter memiliki banyak kelemahan dimana barang yang harus ditukarkan memiliki nilai yang sama dengan barang yang dipertukarkan. Kelemahan tersebut bisa diatasi dengan nilai kurs uang. Namun ternyata alat tukar ini disalahgunakan dengan memakai bunga. Sistem bunga dengan cara mengembalikan pinjaman beserta tambahannya merupakan langkah yang menguntungkan pihak pembuat uang dan merugikan pihak peminjam.

Kekuasaan Absolut Wall Street

Description: Occupy Wall Street - twps2 - StarFishApa jadinya bila dunia ini dikuasai oleh segelintir oknum dan kepentingannya? Apa jadinya dunia ini jika dikuasai oleh keserakahan dan syahwat yang membabi buta dalam beraneka rupa serta wujudnya?

Apa jadinya jika dunia ini dikuasai oleh 1% penduduk dunia kaya-raya, yang kekayaannya semakin bertambah dan berkecambah dengan cara yang tidak seharusnya seperti "menghisap" hak dan kesempatan 99% penduduk dunia lainnya untuk menjadi kaya atau lebih baik?

Apa jadinya jika asas pemerataan (ekonomi), dan kesempatan berusaha hanya sekadar lips service para penggiat politik dalam kampanye-kampanyenya dalam menarik dukungan dan suara para konstituennya? Mungkin dunia sedang berada dibatas ambang kehancuran, itulah jawabannya. Bukannya hendak ingin menakut-nakuti sidang para pembaca yang budiman, melainkan itulah yang tengah terjadi dan bisa kita rasakan serta kita saksikan dalam kehidupan kita dibelakangan ini, baik disekitar kita maupun diluar kita. Baik didalam negeri maupun diluar negeri.

Dunia sekarang sedang mengalami apa yang namanya gonjang-ganjing ekonomi atau barangkali yang lebih ekstrem lagi gempa ekonomi. Gonjang-ganjing yang bermula dan disebabkan oleh keserakahan dan kerakusan oleh segelintir orang yang berjubah multi national company dan perusahaan besar lainnya. Dalam praktiknya tak jarang perusahaan-perusahaan besar atau multi national company ini melakukan tindakan-tindakan bisnis dan ekonomi yang "menyimpang", semisal memonopoli jenis usaha tertentu, melakukan lobi-lobi yang tak masuk akal dengan iming-iming uang ataupun penyertaan saham maupun kemudahan-kemudahan lainnya kepada para pejabat ataupun politisi-politisi tertentu yang berkaitan dengan jenis niaga yang dilakoninya.

Ini semua nyata, ibarat buang angin, terasa tapi tak bisa dilihat. Sulit dibuktikan karena "permainan" yang cantik nan rapi yang mereka lakukan. Akan tetapi penulis tekankan bukan tidak bisa dibuktikan. Hal ini bisa dibuktikan. Lihat saja apa yang diperbuat oleh lembaga semisal KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), dan KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha). Itu untuk ukuran dapur (dalam negeri), kita. Bagaimana dengan diluar negeri? Penulis yakin hal itu pun pasti berlaku.

Ekonomi Kapitalis Dunia yang selama ini didominasi oleh ekonomi kapitalis tampaknya tengah mengalami apa yang kita sebut "boomerang" atau senjata makan tuan. Betapa tidak, saat ini di Benua Eropa dan Amerika Serikat sebagai pusat ekonomi dunia tengah mengalami depresi ekonomi yang bisa berujung kepada resesi ekonomi global sebagai tuaian dari apa yang telah mereka semai selama ini. Keserakahan dan kerakusan ekonomi yang tiada tara. Ekonomi disetir dan dikendalikan oleh segelintir baron-baron ekonomi. Ekonomi diatur si empunya uang dan kuasa tanpa mau memikirkan orang lain yang jelas-jelas memiliki hak yang sama. Amerika Serikat sebagai pusat ekonomi dunia baru-baru ini dan sampai sekarang pun tengah mengalami demonstrasi ekonomi besar-besaran yang dilakukan oleh warga negaranya sendiri sebagai buah dari ketidakpuasan mereka atas ketidakadilan ekonomi yang selama ini mereka rasakan. Demonstrasi ini kita kenal dengan nama "Occupy Wall Street".

Sudah sebulan lebih demo ini berlangsung di Amerika Serikat yang kemudian menjalar ke berbagai belahan tempat didunia di 951 kota di 82 negara dari Asia, Amerika, Afrika hingga Eropa. Tercatat ribuan orang yang sudah melakukan demo. Mereka semua sudah muak dengan tingkah laku para korporasi besar di dunia yang nyata-nyata mengendalikan kehidupan, nasib dan masa depan mereka sebelah pihak. Mereka tersadar selama ini mereka hidup dalam jaring-jaring ekonomi yang memerangkap mereka dalam pola hidup yang tidak sehat. Pola hidup yang berbasis hutang dan konsumerisme yang dipoles dalam mengumbar kemudahan memperolehnya. Bualan yang ditiupkan para kaum kapitalis si penguasa urat nadi dan jantung perekonomian dunia.

Dunia sepertinya sengaja dininabobokkan oleh kepalsuan ekonomi. Dimana Orang-orang bekerja keras seharian penuh namun dengan upah yang tidak layak, yang menyebabkan banyak orang harus bekerja ekstra demi memenuhi kebutuhan dasar hidupnya. Tentu saja ini berakibat kepada tidak efisiennya hidup mereka karena waktu untuk berkumpul bersama keluarga serta menikmati hidup menjadi berkurang. Tersita oleh kerasnya hidup yang disebabkan perlakuan ekonomi yang timpang, dimana ekonomi terpusat pada segolongan borjuis-borjuis penguasa ekonomi yang mencengkeram seluruh sendi kehidupan dan mengatur roda perekonomian dunia sesuai dengan seleranya.

Ekonomi Baru (Syariah)
Memang benar, secara individu kitalah yang mengatur pengeluaran kita. Namun bukan itu sebabnya. Coba kita rasakan kehidupan kita dalam kesehariannya, dimana untuk kebutuhan hidup yang mendasar saja kita harus membayar mahal, semisal bahan bakar minyak, listrik, air, beras, minyak goreng, perumahan, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya. Harga-harga kebutuhan hidup yang mendasar ini menjadi mahal karena prinsip ekonomi kapitalis yang hanya mengejar keuntungan sebesar-besarnya tanpa memberikan kompensasi yang pantas. Jamak kita ketahui, sekarang ini banyak perusahaan-perusahaan besar yang bermain mata dengan penguasa lokal setempat dalam menjalankan bisnisnya sehingga mengguritakan bisnisnya dengan cara menguasai hajat hidup orang banyak. Pipa-pipa kehidupan dan ekonomi yang menyangkut kepentingan khalayak ramai mereka kuasai dan pusatkan dikendali mereka. Walaupun terdapat semacam corporate social responsibility itu masih belum cukup. Harus ada perubahan khususnya dalam ekonomi yang nyata, yang mampu memberikan kesempatan yang sama kepada semua orang. Ekonomi tidak sepatutnya dikuasai dan dikendalikan oleh sekelompok orang. Bukankah semua orang memiliki kesempatan yang sama dan berhak dalam memperoleh kehidupan yang lebih baik, sejahtera, bahagia dan berkeadilan sosial.

Perlu dikembalikan seperti dimana Sistem Ekonomi yang berbasis Kerakyatan. Sistem ekonomi yang menempatkan rakyat secara keseluruhan sebagai pelakunya. Jangan ada lagi pemusatan ekonomi pada satu tangan yang ujung-ujungnya bisa mengendalikan ekonomi itu sendiri alias kehidupan ekonomi suatu makhluk. Koperasi mungkin ialah salah satu contohnya. Atau barangkali sistem ekonomi yang sedang booming saat ini, yaitu sistem ekonomi syariah. Di mana sekarang ini sistem ekonomi seperti ini tengah berkembang pesat dibeberapa negara, tak terkecuali dinegara-negara Barat yang begitu memuja-muja sistem ekonomi kapitalis itu.

Dunia sekarang telah sadar dari pingsan ekonominya yang selama ini. Dunia harus berubah kearah yang lebih baik dalam segala aspek, terutama dalam bidang ekonomi yang memang menjadi urat nadi, jantung dan pusat kendali kehidupan manusia. Janganlah kita menari-narikan kesenangan kita diatas penderitaan dan kesengsaraan jutaan bahkan miliaran penduduk dimuka bumi ini.


Senin, 25 Februari 2013
Indikator Trend

Seperti namanya indikator ini memiliki keistimewaan dalam menentukan arah trend. Untuk nama aslinya penulis belum mengetahuinya apakah asli Trend atau ada nama lain selain nama tersebut di luaran sana. Sangat cocok bagi pemula dan yang sudah cukup pengalaman di forex trading.

Keunggulan lainnya dapat mengenali pergerakan pasar. Baik adanya pembalikan ataupun saat terjadi trend panjang. Selain itu, juga bisa membantu trader mengenali keadaan market kedepan dalam bentuk persilangan signal yang berfungsi memahami adanya trend pdahal trend tersebut belum terjadi.

KarakteristikIndikator Trend tergolong leading atau mendahului market. Kondisi ini memungkinkan Indikator Trend bisa mencari peluang lebih cepat daripada memanfaatkan indikator MA. Khusus untuk mendeteksi keadaan trend dan pembalikan saya rasa cukup mampu menggunakan Indikator Trend.

Description: http://www.seputarforex.com/sfmateri/sf117045_1.jpg

Time frame tidak ada masalah, trader bisa menggunakannya kapanpun dan berapapun. Jika memungkinkan fokuskan pada h1. Karena dari hasil uji coba cukup potensial indikator diterapkan pada time frame h1. Namun hal itu tidak berkaitan dengan karakter seseorang. Boleh menggunakannya di timeframe yang lain.

RekomendasiWarna dari indikator bisa dipakai sebagai signal. Dimana trend down diwakili oleh garis merah dan trend up diwakili garis biru. Jika garis tersebut ditemukan sedang mengalami persilangan maka sebuah trend dimungkinkan bakal terjadi.

Description: http://www.seputarforex.com/sfmateri/sf117045_2.jpg

Fokuskan pada crossover indikator, dan jika belum ada persilangan jangan lakukan open posisi. Tunggulah keadaan indikator mengalami persilangan yang lengkap dan jelas, barulah trader bisa menggunakan signal tersebut sebagai tempat pembukaan posisi.

DownloadGunakan browser google chrome atau mozila terupdate untuk bisa mengambil indikator. Berikut link Indikator Trend :
Trend (4 kb)

KesimpulanIndikator Trend memberi kesempatan kepada trader dalam mengenali trend lebih dini. Gunakan Indikator Trend sebagai cara termudah dalam mengenali trend dan pembalikan. Semakin Anda memakainya semakin mudah mengenali trendnya

Full Indicator vs Naked Chart
Banyak temen trader, terutama yang baru belajar trading menanyakan: “indikator apa sih yang paling bagus?”

Saya selalu menjawab pertanyaan seperti ini dengan jawaban standar: “semua indikator bagus kok…  tergantung pemahaman kita terhadap indikator tersebut.”  Hehehe… terus-terang, itu jawaban yang paling “aman” daripada saya kemudian harus menerangkan satu atau bahkan beberapa indikator dari pegertian, cara bacanya, kelebihan dan kekurangan sampai ke pamahaman. Hehehe… ntar saya gak jadi trading dong…

Tapi bukan berarti jawaban itu saya berikan karena semata-mata males nerangin loh… Sebenernya kalau dilihat filosofinya ya memang seperti itu adanya. Indikator kan ada banyak sekali… Masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya. Tinggal kita aja yang pilih… mau pake yang mana. Atau kalau belom terpuaskan dengan indikator yang ada, ya bikin custom indicator sendiri ajah.

Memahami indikator itu mirip seperti memahami pasangan kita. Kita harus paham watak dasar dari indikator tersebut. Kita juga harus tau,kapan dia ngambek alias ngasih false signal dan juga mesti tau bagaimana cara ngerayunya atau mensikapinya… hehehe…  Sebaliknya, kita juga mesti tanggap, kalau pas dia lagi tersenyum alias ngasih sinyal yang terang benderang. Gak usah ragu deh… langsung hantam ajah… Hihihi…

Ok deh… setelah paham satu indikator, biasanya kita akan terpacu untuk memahami indikator yang lain. Mulai deh… muncul masalah baru… Banyak temen trader yang malahan mengeluh setelah tahu banyak indikator… “makin banyak tau kok jadi makin ragu yaa?” Hehehe… banyak yang malahan merasa, trading jadi terasa ruwet setelah “agak” paham tentang indikator. Masih inget juga sih, sempet terlintas di benak saya setelah rada ngerti tentang beberapa indikator. “wew… kok malah jadi bikin ragu untuk open nih? Mendingan dulu, waktu belom pake indi, OP hanya menurut feeling ajah… malahan lebih mantaps tuh…” hihihi… Nah, jadi gimana tuh?

Perlu gak sih kita paham banyak indikator? Trus juga, idealnya, ada berapa indikator yang kita pasang di satu chart? Wah, klo ditodong seperti itu, paling-paling saya juga menjawab dengan jawaban”aman” lagi: “secukupnyalah…  biasanya sih saya pake satu indikator untuk ngeliat trend, satu indikator untuk ngeliat momentum, dan satu indikator untuk ngeliat batasan support-resistant.”

Paling-paling setelah itu, pertanyaan berlanjut dengan: “coba liat chart-nya dong… indi apa yang biasanya dipake?” Mmm.. . ya udah, saya jawab apa adanya aja. Saya biasanya pake indi bla bla bla… dengan settingan begini begitu… atau.. kalo lagi males ya cukup naked chart ajah.

Nah kan, akhirnya keluar juga deh… bahwa ternyata indikator bagaimanapun juga cuma alat bantu. Keputusan tetap sepenuhnya ada di tangan kita. Indikator cuma berperan meningkatkan tingkat keyakinan kita terhadap tingkat keberhasilan keputusan kita. Jadi suka-suka kita ajah… mau pake indikator bertumpuk-tumpuk di chart kita… atau cukup pake naked chart, alias candlestick doang… asalkan kita bisa yakin dalam mengambil keputusan, itu semua terserah kita. Itulah enaknya trading… Gak ada keharusan apapun, termasuk keharusan dalam memilih dan memakai indikator. Kalau kata salah seorang mentor saya “suke-suke kite lah…” Hehehe… So, gak usahlah  kelamaan bingung pilah-pilih indikator… pilihlah yang paling mudah dipahami, atau… pake aja naked chart

Pertahankan UangMu sebelum Market MencurangiMu
Uang itu kan ibarat sebagai nyawa. Bisa makan, minum, ataupun melakukan aktifitas apapun akan membutuhkan yang namanya uang. Sampai buang hajad ke toilet umum pun harus bayar. Jadi penggambarannya uang sudah dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika uang memang sebuah nilai paling berharga, apakah Anda rela uang yang sudah disimpan tiba-tiba hilang begitu saja? Terjambret atau dicuri misalnya, tentu saja Anda tak akan rela.

Description: http://www.seputarforex.com/sfmateri/sf116919_1.jpg

Orang melakukan pembunuhan biasanya karena ekonomi, uang juga kan. Orang melakukan tipu menipu juga ujung-ujungnya karena uang. Dan orang sampai melakukan bunuh diri pun karena terbelit hutang tak bisa bayar, itu juga karena uang. Jadi sekali lagi, apakah Anda rela uang yang sudah disimpan, dikumpulkan, akhirnya lenyap begitu saja?

DicuriKita akan mencoba sekuat tenaga menemukan pencuri ayam di kampung. Kalau sudah ketemu beramai-ramai dibantai dan dihajar masa. Kita juga tak segan-segan berantem karena uang satu-satunya dirampas perampok dijalanan sampai terkadang kena tusuk akibat mempertahankan uang tersebut.

Jika tidak mampu baru deh “tolong... tolong.. jambreet” he he... biasalah ibu-ibu muda di deket mall selalu berteriak kalau kena jambret. Ya mungkin mereka lagi butuh duit untuk belanja keperluan keluarga. Kalau uangnya dirampas pasti nyesel kan. Akhirnya lapor polisi, pokoknya uang yang dirampas itu harus kembali. Begitulah kira-kira gambaran bagi orang yang merasa tercuri.

Diambil MarketNamun anehnya, kita trading terkadang tidak memperdulikan seberapa banyak uang yang telah lenyap diforex. Percaya atau tidak banyak trader akan melakukan deposit kembali karena ingin mendapatkan manisnya widrawal. Sayangnya mereka tidak menyesal seperti saat kejambret didunia nyata.

Kalau mau lapor, ya lapor kepada siapa.. Lha wong kita juga tahu hilangnya uang karena market “sedang turun tajam”.  Alasan tersebut sebetulnya tidak masuk akal, karena turun tajam uang kita melayang...he he... seharusnya entah turun tajam, atau naik tinggi sekali pun tidak masalah, dan uang kita tetep utuh.. he he... karena belum open posisi kali yah...

Begini deh menguasai trading itu identik dengan mampu memakai analisis. Setuju ya? Tetapi menguasai analisis saja tidak cukup. Kita harus mampu mempertahankan uang kita yang sudah didapatkan dari market, dan tugas kita hanya melindunginya supaya tidak dicuri market lagi.

Biasanya kita itu getol sekali mempelajari analisa teknik ataupun analisa fundamental. Benar kan.. semua forum bahas itu semua dan paling ramai dibicarakan adalah strateginya. Tapi.... kalau tidak bisa mengamankan uang yang sudah didapatkan, tetep saja jadi rugi lagi.

Coba deh cari orang yang pinter trading, mereka akan tepat open posisi, jago pokoknya dalam analisa. Bisa open langsung profit dan tanpa floating-floatingan. Tapi tiba-tiba market datang dalam satu waktu, wusss.... open posisinya ilang semua dan akun jadi 0.08 sen... ha ha.. itu bukti bahwa mereka belum bisa mengamankan modal.

Namun berbeda jika kita trading biasa, ndak perlu lah jadi jago-jagoan, atau saat open selalu tepat jitu. Kita trading biasa namun terpenting adalah apapun yang sudah didapat mampu melindunginya. Walaupun profit kecil misalnya tidak masalah, secara kontekstual kita sudah terhindar dari pencopetan market. Itulah yang disebut money management

Trend, Margin and Patience

Memangnya apa sih hubungan antara trend, margin dan kesabaran? Yah, terus terang saya hanya tiba-tiba teringat pesan mentor saya, bahwa 3 hal tersebut adalah dasar-dasar utama yang harus dipahami dan dikuasai untuk menjadi trader yang baik :-) Ok, mari kita simak satu per satu yah… Trend Trend adalah hal penting pertama yang harus dipahami oleh seorang trader.


Dengan memahami trend, kita bisa mengambil posisi yang “tepat”. Bukankah pertanyaan yang selalu ada dalam benak seorang trader adalah: “buy ato sell nih?” Nah kaann… 
Description: http://www.seputarforex.com/wp/wp-includes/images/smilies/icon_biggrin.gifPertanyaan tersebut tentu saja bisa terjawab apabila kita mengetahui trend yang sedang terjadi. Jadi dengan memahami trend, satu masalah mendasar dalam bertrading sudah terpecahkan Description: http://www.seputarforex.com/wp/wp-includes/images/smilies/icon_wink.gifNah sekarang masalahnya adalah: bagaimana sih mengetahu trend yang terjadi? Ehm, kalau tentang bagaimana mengetahui trend yang sedang terjadi, berarti kita membicarakan indicator nih.. Description: http://www.seputarforex.com/wp/wp-includes/images/smilies/icon_smile.gif Ok, ada beberapa indicator sederhana yang bisa kita gunakan untuk mengidentifikasitrend, misalnya moving average (dengan berbagai macam variannya) dan parabolic SAR. Anda bisa memilih diantara berbagai macam varian maupun periode moving average sesuai dengan kebutuhan anda Description: http://www.seputarforex.com/wp/wp-includes/images/smilies/icon_smile.gif Atau, anda bisa menggunakan indicator yang lebih sederhana adan mudah dibaca seperti parabolic SAR. Eh, atau anda juga bisa mencoba metode average market ala mastah kampus trader tuh Description: http://www.seputarforex.com/wp/wp-includes/images/smilies/icon_wink.gif Tinggal pilih aja kok… mana yang paling cocok bagi anda Description: http://www.seputarforex.com/wp/wp-includes/images/smilies/icon_smile.gif


Oya, satu hal pasti, just follow the trend, ‘cause… trend is your friend 
Description: http://www.seputarforex.com/wp/wp-includes/images/smilies/icon_wink.gif Jangan coba menentang trend, kalau anda gak pengen posisi anda terfloating gak jelas dalam waktu yang gak tentu… Description: http://www.seputarforex.com/wp/wp-includes/images/smilies/icon_wink.gif Percaya deh… soalnya saya pernah mengalami, gara-gara sok yakin dengan analisis (ala saya sendiri Description: http://www.seputarforex.com/wp/wp-includes/images/smilies/icon_razz.gif) yang hasilnya bertentangan dengan trend yang sedang terjadi, dan berarkhir dengan “sukses” bikin ludes account alias  MC… xixixi Description: http://www.seputarforex.com/wp/wp-includes/images/smilies/icon_wink.gif Jadi, sudahlah… Ikuti sajatrend yang sedang terjadi. Gak apa-apa kok dibilang ikut-ikutan market juga Description: http://www.seputarforex.com/wp/wp-includes/images/smilies/icon_biggrin.gif yang penting kan profit… Description: http://www.seputarforex.com/wp/wp-includes/images/smilies/icon_razz.gif Margin Pertanyaan kedua yang ada dalam benak seorang trader (setelah mengetahui posisi yang akan diambil) adalah: “berapa lot nih?” Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, anda harus memahami prinsip yang kedua, yaitu margin.

Kemampuan margin management sangatlah penting untuk dikuasai seorang trader. Kemampuan analisis yang sebagus apapun tidak akan berguna kalau tidak disertai dengan kemampuan mengelola margin. Jadi, jika anda menginginkan account anda “panjang umur”, ingatlah untuk selalu displin mengelola margin anda 
Description: http://www.seputarforex.com/wp/wp-includes/images/smilies/icon_smile.gif Patience Prinsip yang terakhir ini berhubungan dengan aspek psikologis.

Trader yang baik adalah trader yang sabar. Yah, terus terang…  saya (tadinya) bukan orang yang sabar 
Description: http://www.seputarforex.com/wp/wp-includes/images/smilies/icon_sad.gif termasuk juga saat trading Description: http://www.seputarforex.com/wp/wp-includes/images/smilies/icon_biggrin.gif Jadi, saya (dulu) sering main hantam dan main sabet saat masuk market. Nah, akhirnya masalah kesabaran inilah yang pertama kali ditekankan oleh mentor saya Description: http://www.seputarforex.com/wp/wp-includes/images/smilies/icon_sad.gif Saya yang tadinya trading hanya secara impulsive plus awut-awutan Description: http://www.seputarforex.com/wp/wp-includes/images/smilies/icon_wink.gifOleh beliau kemudian diarahkan untuk menjadi swinger trader yang mematuhi trading plan. Susah gak tuh? Wew… jangan tanya… Description: http://www.seputarforex.com/wp/wp-includes/images/smilies/icon_wink.gif main tabrak gara-gara tangan gatel pengen OP sering juga kejadian tuh… Description: http://www.seputarforex.com/wp/wp-includes/images/smilies/icon_wink.gif ehh, tapi sejalan dengan waktu, kesabaran akhirnya mulai juga muncul kok… Description: http://www.seputarforex.com/wp/wp-includes/images/smilies/icon_biggrin.gif (ngakunyaaaa… xixixi&hellipDescription: http://www.seputarforex.com/wp/wp-includes/images/smilies/icon_wink.gif

Anyway, ketiga prinsip di atas: trend, margin & patience seharusnya memang anda perhatikan dengan sungguh-sungguh kalau anda pengin menjadi trader yang baik 
Description: http://www.seputarforex.com/wp/wp-includes/images/smilies/icon_smile.gifJangan berhenti untuk terus belajar, mencoba, belajar dan mencoba… Happy trading